Minggu, 22 April 2018

Contoh Esai Debat

Pemerintah Percaya Kaltim Maju Tanpa Pertambangan

PRO
       Kaltim tanpa pertambangan dengan adanya tempat wisata agar Kaltim dapat maju. Jika melakukan pertambangan, maka pertambangan dikeruk terus akan mengakibatkan kerusakan yang parah.
       Jika dilakukan terus menerus bukankah akan timbul dampak yang besar seperti kerusakan alam. Daripada pertambangan mengapa tidak dengan sektor lain seperti perwisataan, dan lain-lain. Sebaiknya kita meningkatkan itu dibanding melakukan pertambangan terus menerus. Bisa juga menanam pohon supaya hutan tidak habis. Pertambangan tidak selalu menghasilkan penghasilan yang tinggi. Dari pertambangan tersebut bisa aja menimbulkan kecelakaan terhadap karyawannya.
       Pertambangan memiliki risiko yang tinggi. Kecelakaan terhadap karyawan-karyawannya dan kerusakan alam yang parah bisa juga menyebar penyakit. Salah satu pencemarannya yaitu debu, bahan kimia, dan lain-lain. Paru-Paru hitam karena debu pertambangan terutama batu bara.

KONTRA
       Karena Indonesia merupakan negara berkembang maka di Kaltim memiliki sektor pertambangan yang penting untuk perekonomian Indonesia. Jika pertambangan di Kaltim dihilangkan maka sebagian dana akan hilang.
       Pertambangan itu boleh dikurangi tetapi tidak harus dihilangkan.
       Mungkinkah Kaltim maju tanpa pertambangan? Pertambangan membawa dampak positif untuk pendapatan Kaltim. Dari hasil ekspor batu bara bisa membantu warga dan masyarakat. Pariwisata di Kaltim belum menarik. Kita tidak bisa dengan hanya mengandalkan pariwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar